A.Pengertian Animasi
Animasi adalah suatu proses dalam menciptakan efek gerakan atau perubahan dalam jangka waktu tertentu, dapat juga berupa perubahan warna dari suatu objek dalan jangka waktu tertentu dan bisa juga dikatakan berupa perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lainnya dalam jangka waktu tertentu (Bustaman, 2001:32-33).pengertian lain Animasi adalah urutan frame yang ketika diputar dalam rangka dengan kecepatan yang cukup, dapat menyajikan gambar bergerak lancar seperti sebuah film atau video.
Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
a. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
b. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.
B.Konsep Dasar Animasi.
Konsep dari animasi menurut Novian Wahyu S (2005: 21) adalah
“menggambarkan sulitnya menyajikan informasi dengan satu gambar saja, atau
sekumpulan gambar. Demikian juga tidak dapat menggunakan teks untuk
menerangkan informasi”.
Konsep dasar animasi dan istilah menurut Fikri Alami (2005: 7) diantaranya :
1) Movie
Animasi yang anda buat dalam flash secara umum disebut dengan
movie. Dalam membuat animasi maka seseorang akan mengatur jalan cerita dari
animasi tersebut. Membuat beberapa objek dan merangkainya menjadi suatu
bagian yang bermakna tertentu. Suatu movie terkadang terdiri dari beberapa
animasi yang terkadang disebut movie clip. Clip-clip movie tersebut dapat
dirangkai kembali menjadi movie baru. Suatu animasi/movie clip akan dijalankan
dalam suatu scenario yang dapat dianalogkan sebagai suatu episode.
2) Objek
Sebelum membuat animasi maka terlebih dahulu anda akan membuat
objek. Baru kemudian anda akan mengatur gerakangerakan dari objek tersebut.
Flash menyediakan tool untuk membuat objek sederhana seperti garis, lingkaran,
persegiempat.
3) Teks
Pada toolbox disediakan fasilitas untuk menulis teks. Dengan teks anda
dapat menulis pesan yang akan anda sampaikan pada animasi anda. Selain itu
pesan/teks dapat anda buat dalam bentuk animasi. Anda dapat menjalankan teks
sesuai dengan animasi yang anda inginkan. Dalam flash teks dikategorikan dalam
3 jenis yaitu, teks statis label, teks dinamis dan teks input.
4) Sound
Animasi yang anda buat dapat disertakan dengan sound agar tampak
lebih menarik. Penambahan sound pada suatu movie akan memperbesar ukuran
file anda. Format sound yang dapat anda pergunakan dalam flash dapat
bermacam-macam seperti WAV, MP3. Anda dapat mengimport sound dari luar
tetapi untuk soundsound tertentu telah disediakan di dalam program flash.
Prinsip Dasar Animasi
1.
Solid Drawing
Kemampuan menggambar sebagai
dasar utama animasi memegang peranan yang menentukan “baik proses maupun
hasil” sebuah animasi, terutama animasi klasik.
2.
Timing & Spacing
Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus
dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan
perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak.
3.
Squash & Stretch
Squash
and strecth adalah upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur
sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak
yang lebih hidup.
4.
Anticipation
Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/awalan gerak atau
ancang-ancang. Seseorang yang bangkit dari duduk harus
membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri.
5. Slow In and Slow Out
Slow
In dan Slow Out menegaskan bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan
perlambatan yang berbeda-beda. Slow in terjadi jika sebuah gerakan
diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow out terjadi jika
sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat
6.
Arcs
pada
animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup
lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs.
7.
Secondary Action
Secondary
action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat
gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik.
8.
Follow Through and Overlapping Action
Follow through
adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang
telah berhenti bergerak. Misalnya, rambut yang tetap bergerak sesaat setelah
melompat. Overlapping action secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan
saling-silang.
9.
Appeal
Appeal berkaitan
dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi. By:siti murdiyah
"Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
BalasHapusminimal depo dan wd cuma 20 ribu
dengan 1 userid sudah bisa bermain 7 games
ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com
Wa :+855964967353
Line : arena_01
WeChat : arenadomino
Yahoo! : arenadomino"